Friday, December 10, 2010

Nama di Dalam Alkitab

Pendeta, bagaimana pentingkah nama seseorang di dalam Alkitab? Bolehkan Pendeta berikan daftar nama-nama yang dimulai dengan huruf Z di dalam Alkitab?
Selamat berjumpa kembali di ruang tanya jawab. Pertanyaan kali ini merupakan pertanyaan yang bersifat “trivial” tetapi juga penting. Bagian pertama akan kami jawab dengan melihat beberapa tanggapan mengenai pentingnya genealogy atau daftar silsilah keturunan di dalam Alkitab. Kemudian pertanyaan kedua akan kami jawab dengan member daftar nama yang kami ambil dari buku All the Men of the Bible, karya Herbert Lockyer, D.D., D.Litt.

Banyak pembaca Alkitab jika tiba di bagian-bagian yang mencatat daftar silsilah menganggap itu sebagai bagian Alkitab yang tidak penting, dan bertanya-tanya mengapa para penulis Alkitab mengikutsertakan itu sebagai bagian dari wahyu ilahi. Sekilas, tampaknya tidak ada titik atau keuntungan dalam pencacahan nama-nama orang yang telah meninggal ribuan tahun yang lalu.
Namun, karena Alkitab adalah Firman Tuhan yang diinspirasikan, daftar nama yang tidak ini ditulis untuk kita mempelajarinya, dan jika kita benar-benar belajar akan menghasilkan hasil yang luar biasa. Banyak nama-nama ini menggambarkan bangsa, serta laki-laki, dan karena itu nilai historis yang tak ternilai. Dengan merujuk pada nama-nama ini, kita akan menemukan bahwa mereka sering menampilkan tindakan yang diambil oleh orang-orang kuno di atas bumi.

Nama Ibrani kuno, yang pada pandangan pertama mungkin kelihatan tidak menarik, dan sebagai sesuatu yang tidak penting, tetapi akan muncul sesuatu tentang nama-nama tersebut yang mengajak kita untuk mempertimbangkan dengan doa. Kadang-kadang tokoh di dalam Alkitab diberi nama karena kejadian tertentu. Sebagai contoh, dalam Kejadian 29 dan 30, anak-anak Yakub yang diberi nama karena ide atau insiden. Juga di dalam 1 Samuel 25:25, cerita mengenai seorang pria bernama Nabal, yang berarti bodoh. Istrinya berkata, “Sebab seperti namanya demikianlah ia: Nabal namanya dan bebal orangnya.” Sering kali nama Alkitab merupakan fragmen sejarah kuno, ayat-ayat tujuan ilahi, ungkapan harapan dan nubuatan masa depan.
Setiap orang Yahudi menyimpan catatan garis keturunannya dan bangga jika ia bisa mengklaim keturunan raja atau imam. Yusuf, misalnya, bisa membanggakan dirinya sebagai “anak Daud” Daftar silsilah Tawarikh, Ezra, Nehemia, Matius dan Lukas, mengandung sebagian besar pria bernama, membuktikan bagaimana orang-orang Yahudi sangat cermat dalam melestarikan silsilah keluarga mereka. Sering kita lihat bahwa hampir setiap keluarga Yahudi membuat family tree (pohon keluarga), ini merupakan praktek yang lazim.

Pencatatan garis keturunan keluarga di Israel kuno merupakan suatu kegiatan yang penting dan memiliki beberapa kegunaan. Janji Allah sebuah bangsa bagi Abraham dan keturunannya mengharuskan catatan seperti ini agar bisa mengatur pembagian tanah; catatan nama keluarga juga berfungsi sebagai bukti legal akan hak kepemilikan keluarga.
Salah satu dari alasan penting untuk mencatat nama keluarga adalah agar dapat “membuktikan dan mempertahankan garis keturunan kerajaan di Yehuda melalui garis keturunan keluarga Daud.” Hal ini disebabkan oleh kepercayaan bahwa Mesias akan berasal dari keturunan Daud, sehingga menjadikan ini suatu hal yang sangat penting.

Berikut ini merupakan beberapa fakta mengenai nama-nama di dalam Alkitab:
  1. Nama-nama berkaitan dengan hubungan keluarga.Beberapa nama diambil dari nama anggota keluarga yang lain (Lukas 1:59). Ahab means “kakak dari Ayah”; Ahban, “adik saya seorang anak lelaki”; Ahiam, “paman dari pihak ibu.” Ab means “ayah.”
  2. Nama-nama mengandung arti religi atau sesuatu yang penting. Kadang-kadang sebuah nama diberikan sebagai ungkapan harapan dari orang tua. Lihat nama Yohanes, “hadiah istimewa dari Allah.” Nama-nama lain seperti Samuel yang berarti “Tuhan sudah mendengar” terungkap dari hasil doa karena harapan kerohanian mereka mengenai anak mereka.
  3. Nama-nama diganti karena perintah Tuhan. Banyak nama bukan hanya diberikan oleh Tuhan tetapi diganti sesuai perintahNya. Contoh: Abram menjadi Abraham; Sarai menjadi Sarah; Yakub menjadi Israel; Osua menjadi Yosua.
  4. Nama-nama dianggap penting dan mempunyai arti yang signifikan. Hal ini terjadi karena nama-nama seperti Reuben, “lihat, seorang putra”; Yehuda, “memuji”; Yusuf, “dia nemambahkan.” Kadang-kadang, nama yang diberikan mencerminkan sifat orangtua mereka, yang diturunkan kepada anak-anak mereka.
  5. Nama-nama diambil dari dunia tumbuhan. Banyak nama seperti ini: Adam, “tanah merah”; Shamar, “duri.”
  6. Nama-nama berhubungan dengan alam: Geshem, “hujan”; Barak, “halilintar”; Boanerges, “putra-putra halilintar”;
  7. Nama-nama diambil dari dunia binatang: Kaleb, “anjing”; Dan, “anak singa”; Akhbor, “tikus”; Parosh, “kutu.”
  8. Nama-nama, terpisah atau bersama, sering ditemukan. Beberapa contoh adalah: “Saulus yang dipanggil Paulus,” “Simon Barjonas,” “Simon Zelotes,” “Yudas Iskariot.”
Kesimpulan yang dapat kita ambil adalah, nama di dalam Alkitab merupakan sesuatu yang sangat penting. Seringkali seseorang akan hidup dan dibesarkan dengan mengekspresikan sifat dari arti namanya. Tantangan bagi kita yang hidup dewasa ini, apakah kita mengerti arti dari nama kita? Nama saya adalah Bryan yang berarti “mulia, kuat, berbudi luhur, bukit,” apakah kira-kira ini yang dimaksudkan orang tua saya ketika saya di beri nama ini? Saya tidak mulia, mungkin tidak terlalu kuat (atau kuat makan?), bisa menjadi sebuah bukit karena kegemukan? Tetapi mungkin berbudi luhur? Siapa yang bisa menjawabnya?

Jika anda memiliki nama yang diambil dari Alkitab, tentu orang tua anda menginginkan anda untuk bersifat seperti nama anda. Ada juga nama yang diambil dari kebudayaan kita, seperti family name kita.
Yang jelas, kita semua membawa nama Kristen,”pengikut-pengikut Kristus.” Apakah kita mencerminkan sifat dan tabiat dari seorang pengikut Kristus? Ini merupakan tantangan bagi masing-masing kita. Kiranya Tuhan memberkati kita semua, sampai bertemu lagi di minggu yang akan datang.
Bagian terakhir ini mencatat nama-nama yang berawal dengan huruf Z, tetapi bukan merupakan daftar yang lengkap karena jika semua nama dan arti diberikan, tidak akan dimuat oleh redaksi. Jika anda benar-benar menginginkannya, anda bisa mencarinya di Google.Com dan search untuk “Bible names that start  with Z”003A


ZAAVAN, ZAVAN [Za4 'ava]n , Za4 'van]—PENAKLUKAN atau MENYEBABKAN KEGENTARAN. Putra dari Ezer, seorang keturunan Seir orang Horite (Kej. 36:27; 1 Taw. 1:42).


ZABAD [Za4 'ba]d ]—PEMBERI, DIA TELAH MEMBERI atau SEBUAH HADIAH. Banyak nama yang diambil dari kata dasar ini di dalam Perjanjian Lama. Ini berhubungan dengan Zebulun (Kej. 30:20), dan dalam bentuk yang lebih penuh dalam Zabdiel dan Zebadiah (hadiah saya adalah Yehowa).
  1. Putra dari Nathan dan cucu dari Pharez, putra Yehuda (1 Taw. 2:36, 37).
  2. Putra dari Tuhath, ayah Shuthelah, dari Efraim (1 Taw. 7:21).
  3. Putra dari Ahlai, salah satu pahlawan Daud yang paling perkasa (1 Taw. 11:41).
  4. Putra dari Shimeath, yang membantu membunuh Yoas, raja Yehuda (2 Taw. 24:26).
  5. Putra dari Zattu yang menikah dengan isteri perempuan asing (Ezra 10:27).
  6. Putra dari Hashum yang mengusir isterinya(Ezra 10:33).
  7. Putra dari Nebo yang juga mengusir isterinya(Ezra 10:43).
ZABBAI [Za]b'bai4 ]—BERKELILING-KELILING, BERSENANDUNG.
            1. Salah satu putra dari Bebai yang menikah dengan perempuan asing (Ezra 10:28).
            2. Ayah dari Barukh yang membantu perbaiki dinding Yerusalem (Neh. 3:20).


ZABBUD [Za]b'bud ]—DIINGAT DENGAN BAIK, DIKARUNIAI. Seorang putra Bigvai, yang kembali dengan Ezra dari pengasingan (Ezra 8:14).


ZABDI [Za]b'di4 ]—HADIAH DARI YEHOWA, YEHOWA SANG PEMBERI atau MAS KAWIN.
  1. Ayah dari Karmi, ayah dari Akhan. Juga dikenal sebagai Zimri (Yos. 7:1, 17, 18; 1 Taw. 2:6).
  2. Dari suku Benyamin, putra dari Shimshi (1 Taw. 8:19).
  3. Seorang dari bangsa Shepahm di Yehuda, penjaga took di saat Daud memerintah (1 Taw. 27:27).
  4. Putra dari Asaf, seorang Lewi dan ayah dari Mikha (Neh. 11:17).
ZABDIEL [Za]b'di]el ]—HADIAH SAYA ADALH TUHAN atau TUHAN PEMBERI.
  1. Ayah dari Yasobeam, salah satu prajurit Daud, (1 Taw. 27:2).
  2. Putra dari Haggedolim pengurus imam-imam di Yerusalem (Neh. 11:14).
ZABUD [Za4 'bud]—DIKARUNIAI atau PEMBERI. Putra dari Nathan, seorang sahabat darn salah satu menteri Solomon (1 Raja 4:5).


ZACCAI [Za]c'cai4 ]—BERSIH, TAK BERSALAH. Pendiri sebuah keluarga, anggota keluarga yang kembali dari pengasingan bersama dengan Zerubabel (Ezra 2:9; Neh. 7:14).


ZACCHAEUS [Za]cchae'us ]—MURNI atau DIBENARKAN


ZAKUR, ZAKHUR [Za]c'cur ,Za]c'chur ]—DIINGAT DENGAN BAIK, MURNI.
Bil. 13:4; 1 Taw. 4:26, 24:27, 25:2, 10; Neh. 12:35, 3:2, 10:12, 13:13.


ZAKARIA [Za]cha  ri4 'ah]—YEHOWA DIKENAL.
  1. Putra dari Yeroboam II, Raja Israel (2 Kings 14:29; 15:8, 11).
  2. Ayah dari Abi or Abijah, isteri Ahaz dan ibu dari Hiskia (2 Raja 18:2; 2 Taw. 29:1).
ZAKARIAS [Za]cha  ri4as ]—YEHOWA DIKENAL.
  1. Putra dari Barakias, atau Yehoiada (2 Chron. 24:20-22). Zacharias inilah seorang yang mati sahid disebuk oleh Kristus (Matt. 23:35; Lukas 11:51) seorang benar yang dibunuh orang Yahudi di taman Kaabah, antara rumahnya dan Kaabah.
  2.  Ayah dari Yohanes Pembaptis (Lukas 1:5-67; 3:2).
ZACHER (1 Taw. 8:31; 9:37).
ZADOK
ZAHAM (2 Taw. 11:19).
ZALAPH (Neh. 3:30).
ZALMON, SALMON (2 Sam. 23:28; Hakim. 9:48; Mz. 68:14).
ZALMUNNA (Hakim. 8:5-21; Mz. 83:11).
ZANOAH (1 Taw. 4:18).


ZAPHNATH-PAANEAH—JURUSELAMAT DUNIA atau PEMBERI KEHIDUPAN. Ini merupakan nama umum di Mesir yang diberikan keapda Yusuf oleh Firaun berasal dari kata dasar yang berarti “Tuhan berkata Dia hidup” (Kej. 41:45).


ZARA, ZARAH, ZERAH (Kej. 38:30; 46:12; Bil. 26:20; Yos. 7:1, 24; 22:20; 1 Taw. 2:4-6; 9:6; Neh. 11:24; Matt. 1:3).
ZATTU, ZATTHU (Ezra 2:8; 10:27; Neh. 7:13, 10:14).
ZAZA (1 Taw. 2:33).
ZEBADIAH (1 Taw. 8:15)
ZEBAH (Hakim-hakim 8; Maz. 83:11; Yes. 9:4; 10:26).
ZEBEDEE (Matt. 4:21; 10:2; 20:20; 26:37; 27:56; Mark 1:19, 20; 3:17; 10:35; Luke 5:10; Yoh 21:2).
ZEBINA (Ezra 10:43).
ZEBUL (Hakim 9:28, 41).
ZEBULUN

No comments:

Post a Comment

Post a Comment